Siapa yang tidak tahu game Super Mario Bros? Kebanyakan orang pasti pernah mengetahui game ini. Game yang release pertama kali pada akhir tahun 1985 dan dikembangkan oleh Nintendo ini menjadi sebuah permainan yang sangat laris di masanya, karena penjualan dari permainan ini mencapai 40 juta salinan. Permainan Super Mario Bros bisa dianggap sebagai pelopor jenis permainan untuk media permainan konsol. Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan.

Nah kali ini, setelah lebih dari 25 tahun sejak pertama kali dirilis, permainan Super Mario kembali hadir dengan versi Super Mario 3D yang dapat dimainkan dengan game konsol Nintendo Wii  U. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Nintendo Wii U mampu untuk mengeluarkan game Super Mario dengan grafik yang lebih baik, berdefinisi tinggi, dan framerate yang nampak seperti nyata. Hal ini membuat Nintendo ingin membuktikan bahwa ia memang rajanya game platformer.

Tidak berbeda dari sebelumnya,  karakter 4 sekawan yaitu Mario, Luigi, Toad, dan Peach tetap menghiasai Super Mario 3D karena 4 karakter tersebut merupakan salah satu esensi dari permainan Super Mario.

Cerita game diawali dengan 4 sekawan yang sedang menikmati damainya mushroom kingdom, hingga akhirnya di tengah perjalanan mereka dipertemukan dengan pipa transparan yang misterius. Sebuah peri berwarna hijau (Spixie) muncul dari pipa tersebut, namun sayangnya langsung ditangkap oleh sang Nemesis utama – Browser. Mario dan kawan-kawannya pun langsung mencoba menolong Spixie yang membuat mereka terdampar di dalam Spixie Kingdom – sebuah dunia yang belum pernah mereka datangi sebelumnya. Dari sinilah petualangan untuk menghentikan Browser dimulai.

grafis super mario 3d

Dengan grafik dan visual yang berbeda dari permainan sebelumnya, Nintendo merilis Super Mario 3D dengan tampilan yang penuh warna, berbeda dengan gamegame lain yang booming di tahun 2000-an yang lebih sering menggunakan warna gelap dan efek efek darah. Mario muncul dengan visual yang sangat cerah dan penuh dengan suasana kebahagiaan.

Penyajian yang seperti ini membuat Nintendo dicap sebagai konsol yang menyediakan permainan bagi kalangan anak-anak saja. Akan tetapi hal ini tidaklah benar, karena meski tampilan seperti itu, game ini tetap memberikan sensasi permainan yang mungkin sempat hilang dari sensasi gaming Anda. Permainan Super Mario 3D ini tidak hanya membentuk game play klasik ke dalam balutan visual yang lebih modern, akan tetapi ada juga penawaran fitur dan grafik yang akan membuat pemainnya ingin terus memainkannya.

Dalam game jenis platformer ini, kalian bisa memilih 4 karakter yaitu Mario, Luigi, Toad, dan Peach. Tidak hanya berbeda secara bentuk, setiap karakter juga memliki keahlian masing-masing. Seperti karakter Peach yang mampu menggunakan gaunnya untuk melayang di udara lebih lama.

Setiap chapter dalam game ini akan menawarkan tantangan yang berbeda-beda dan quest tersendiri. Mengumpulkan bintang hijau untuk membuka level dunia tertentu menjadi salah satu ekstra quest yang disediakan. Inti permainan dari Super Mario 3D masih sama seperti permainan yang sebelumnya, yaitu Anda harus berlari dari satu titik ke titik lainnya sambil terus memperhatikan halangan dan monster yang siap menghadang sembari berusaha untuk mengalahkannya.

Kekuatan-kekuatan power up yang ada dalam Super Mario klasik masih tersedia, akan tetapi juga terdapat kekuatan baru yang muncul dalam game ini. Salah satunya adalah kekuatan yang muncul dari item lonceng dan juga buah cherry. Apa yang membuat istimewa dari kedua item tersebut? Dengan menggunakan item lonceng ini akan membuat karakter-karakter yang Anda pakai akan berubah menjadi kucing lengkap dengan kostumnya. Bisa dibayangkan bagaimana lucunya jika karakter-karakter tersebut memakai kostum kucing. Tidak hanya berubah dari segi penampilan akan tetapi dengan item ini karakter pun bisa menjadi lebih lincah bergerak dan juga bisa melakukan serangan kepada musuh dengan pukulan melee.

Berbeda degan item lonceng, item buah cherry bisa memberikan efek duplikasi kepada karakter utama. Jumlah duplikat karakter tergantung dengan banyaknya jumlah buah yang didapatkan. Para duplikat karakter ini nanti juga akan mengikuti kontrol yang Anda berikan kepada karakter utama. Sehingga item ini sangat bermanfaat ketika menghadapi stage dengan musuh yang sangat banyak.

Meski di awal dikatakan bahwa game Super Mario dikaitkan dengan permainan anak-anak, akan tetapi hal itu dapat ditepiskan dengan tawaran yang disajikan oleh konsol Nintendo ini. Dalam game Super Mario 3D ini memiliki maps, visual dan tantangan sendiri-sendiri di setiap stagenya dan tidak akan pernah sama satu sama lainnya.

mario dan luigi 3d

Terkadang kita dibutuhkan untuk menjadi taktis dengan menyesuaikan timing lompatan dari tempat satu ke tempat lainnya. Kadang kita harus memutar otak untuk menyelesaikan misi-misi rahaisa yang ada, dan kadang kita harus memiliki ketangkasan dengan melawan musuh yang berjumlah banyak. Selain itu ada satu hal yang menarik dari game ini yaitu kita bisa mencuri kendaraan dari beberapa jenis musuh yang ada.

Dalam permainan ini, Nintendo Wii U juga menyediakan fitur Miiverse. Di mana fitur tersebut membuat kita bisa bermain secara multiplayer meskipun perangkat controller kita terbatas.  Dengan fitur tersebut, kita bisa bermain dengan orang lain yang berbeda tempat dengan kita pada saat yang sama. Melalui Miiverse, para pemain bisa bertukar informasi, bertemu di dalam kota dan juga saling menyukai status pemain lain.

Pada akhirnya melalui Super Mario 3D ini, Nintendo membuktikan bahwa game platform masih bisa memberikan keseruan dan sensasi gaming yang tidak terlupakan. Meski permainan tersebut cenderung berkesan klasik dan kekanak-kanakan, akan tetapi dengan sentuhan teknologi modern dan kreativitas dari para pengembangnya, game ini bisa memberikan pengalaman luar biasa yang tak terlupakan.